Beasiswa Kuliah Bidik Misi Tahun 2012 – Pada tahun 2012 tersedia 30.000 beasiswa Bidikmisi yang diselenggarakan di 87 perguruan tinggi negeri.

beasiswa bidik misiBidik Misi 2012 | Informasi Beasiswa Kuliah Bidik Misi Tahun 2012. Bidik Misi adalah singkatan dari Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi, dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi yang baik dan konsisten semasa sekolah di SMA. Beasiswa Bidik Misi ini diberikan sejak pertama kali calon mahasiswa mendaftar sebagai mahasiswa. Jika ia lulus, maka beasiswa ini menjadi salah satu bantuan khusus untuk meringankan biaya kuliah.

Pada tahun 2012 ini, beasiswa bidik misi memberikan kesempatan kepada 30.000 mahasiswa untuk mendapatkan bantuan pendidikan. Jumlah yang diterima oleh penerima beasiswa bidik misi adalah Rp. 600.000/bulan, atau jika dihitung menjadi Rp. 2.400.000/semester. Wew.. Lumayan kan?!

# Pengumuman Pendaftaran Bidikmisi 2012 #

Persyaratan Pendaftaran Program Bidikmisi :

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012;
  2. Lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:
    • . Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;
    • . Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan
    • . Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  5. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2011);
  6. Khusus SNMPTNjalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2012 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK), dengan rincian sebagai berikut:
    • . Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    • . Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    • . Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    • . Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5.
  7. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 6, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);
  8. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2;
  9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke:
    • . Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis);
    • . Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan
  10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi;
  11. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2012 adalah sebagai berikut

  1. Bidikmisi untuk SNMPTN jalur undangan : 20 Januari 2012 – 29 Februari 2012
  2. Bidikmisi untuk SNMPTN jalur ujian tulis : 1 Mei 2012 – 29 Mei 2012
  3. Jadwal Pendaftaran Bidikmisi untuk Seleksi Mandiri mengikuti ketentuan masing masing PTN

File yang diperlukan :

Bagi yang berminat, silakan menuju laman :

Info Beasiswa Bidik Misi Semoga bermanfaat. :D

About these ads
Komentar
  1. rusmanto mengatakan:

    aku pengen kuliah tapi kok ngak ada dana…..

  2. silviana sari mengatakan:

    silvi mau tanyak masalah persyaratan yang bunyi nya,,,

    pendidikan terakhr orang tua harus S1 atau diploma.

    itu apa benar ya?????
    bagaimana kalau penddkan trakhir itu SD??

    • mdthree mengatakan:

      bkan harus S1, tp maksimal S1, jdi bla ortu kita pendidikannya SD msih bsa, tpi klo ortu kita pendidikannya S2 ato S3 ato Profesor Doktor ya ga bsa.

    • Arif faiza mengatakan:

      Maaf Dik Silvia…mgkn saya tidak berkenan menjawab. Tp saya salut dengan keinginan ptra bangsa yg berkeinginan untuk melanjutkan studi. Itu kan kalimatnya pendidikan maksimal, kalo dibawahnya berarti boleh Dik…,yang tidak boleh itu pendidikan orang tua lulus S@ dan seterusnya…hehehe.
      Salam

  3. SOLIHIN mengatakan:

    PELUANG BESAR BAGI SEMUA,.tapi sayang telat bagi saya yang lulus tahun 2002, kira-kira ada gak ya, yang pas buat saya.

  4. Ryan Ontocable mengatakan:

    semangat untuk lanjutin kuliah

  5. siti nurawaliah mengatakan:

    cara pendaftarannta bagaimana?

  6. ernawati mengatakan:

    hufft…syanxx..sya lulusan 2008,,masih bsa gak ya..umur sya blum genap 21thn kox…kasih infonya ya…..????

  7. zahron mengatakan:

    asyiekkkkkkk……..alhamdlillah ada jlan kluarnya……

  8. yayan mengatakan:

    kalo lulusan tahun 2010 gmna? masih bisa kan??? tolonglah.. aku ingin kuliah…

  9. intan nuria alfih mengatakan:

    udah di buka linknya, tapi gak ngerti cara ngisinya.

  10. Hilmi mengatakan:

    Saat ini sy msih kls 2, ap tahun depan jg ad bidik misi ?

  11. arieponcohartanto@yahoo.co.id mengatakan:

    AKU mau kuliah ,tp kog lulusan ny 2004 ya ? apakah msh bisa

  12. tarsiti mengatakan:

    saya lulusan tahun 2011 umur saya bru 18 sih jalan 19 bisa ga ya…

  13. illa mengatakan:

    Mau tanya kalo Bidikmisi untuk SNMPTN jalur ujian tulis itu apa gratis juga semua?

  14. nov mengatakan:

    kapan pengumuman kelulusan nya nich?

  15. yanti mengatakan:

    kapan pengumuman nya yah ?

  16. arie pramudiya mengatakan:

    aku masih kls xi dan bertekad untuk mencapai masa depan yang lebih baik dengan pendidikan. Semoga bisa kuliah gratis untuk meringankan beban ortu. Aminn.

  17. aswinda kuncayani mengatakan:

    AKU TERTARIK DGN INI DAN BARU TAMAT TAHUN INI
    TAPI WAKTU ADA UJIAN TES SNMPTN AKU GAK IKUT
    KIRA2 BISA GAK YA AKU DAFTAR DISINI??

    Tlong di jwb yaaa…

  18. aswinda kuncayani mengatakan:

    hemmmm,,ku pngenn bgt kuliah, tapi ortu gaterk sanggup biayai
    padahal ku pngenn bgt jadi pendidik, soalnya di tmpat tnggalku masih minim

  19. ujcchantzzmart mengatakan:

    Assalamualaikum wr.wb

    Jika sudah dapat NIM dari pengurus Universitas masing-masing apakah sudah terdaftar dan tidak perlu lagi diverifikasi..??
    Mohon jawabannya segera.
    Wassalamualaikum wr.wb

  20. saiful amrin mengatakan:

    But lulusan 2010 Ada gk yah kemungkinan kuliah dapet beasiswa ?
    Pengen kuliah tap I ortu kurang mampu nih Ada gak Saran buat
    saya

  21. beasiswa s1 mengatakan:

    thanks infonya ..

  22. qyoharazayuki mengatakan:

    ada kok bwt lulusan 2010,2011 dan 2012….
    pendaftarnnya ditutup akhr bln juli 2012 neh…tapi jurusannya cuma ada management dan akntnsi…
    syarat’a tinggal pke nilai rapot kls 2 dan 3 untuk nentuin beasiswa’a…
    klo mw info lbh lanjut hubgn 089637507929 atau inbox difb w ja nick fb’a qyo harazayuki martin

  23. qyoharazayuki mengatakan:

    oya…ini beasiswanya mpe s1…
    setiap beasiswa ada di setiap smsternya…!!!

  24. Ariefmusthofa mengatakan:

    assl, gan saya mau tanya dong, ini khusus buat PTN aja ya? kalo misal buat PTS ga bisa ya?

  25. iqbal risyad mengatakan:

    gimana itu cara daftarnya???

  26. wanda mengatakan:

    alhamdulilah dengan adanya program bidik misi saya bisa melanjutkan kulyah tanpa terlalu membebani kedua orang tua saya ……………………..
    bwat adek adek yang ingin kulyah belajar yang rajin ya …….
    trs dftar nya lewat jalur bdik misi lo pngin dpt bea siwa bdik misi,,,,,,,,,
    n jangn lpa cari informasi dari mana saja!
    YANG PENTING BELAJAR N JANGAN YANG ANEH2 SELAMA SKOLAH

    • Novi Purnama sari mengatakan:

      saya mau tanya kak< klo tahun ini saya dapet beasiswa bidik misi, tpi tidak saya ambil cz g ada biayaya,klo tahun depan saya mau ambil beasiswa bidik misi ini boleh g kak??? trus syarat2 nya apa ajaw

  27. tasia mengatakan:

    alumni lulusan sma untuk 2006 ada tidak ya??? pgen banget kuliah.

  28. niceteacher mengatakan:

    Informasi beasiswa untuk teman – teman di jakarta dan sekitarnya, bisa untuk karyawan. coba cek di http://www.iiuc.ac.id

  29. shitie astuti mengatakan:

    kenapa wktu sya daftar bidikmisi tak d terima.pdahal sya brharap bisa d terma.wkt dgr saya gak d terima hti saya skit,menangis.krna sya pgen kuliah.n kenapa org kaya d terima,tu tak adil.saya mhon,saya pgen kuliah.no hp pn ada k saya.wkt saya d telpn saya gembira.tpi dy cuman blang tggu aja yha mbak kte ych.saya org miskin,saya gak bohng.boleh cek krmh saya.

  30. sukadikediri mengatakan:

    aku lulusan 2011 bolek masuk gak di bidikmisi tahun 2013? kalo ada?

  31. sukadikediri mengatakan:

    mas nie sya lulusan 2011. masih bisa ikut bdik misi gak? di thun 2013/2014. kalo ada…

  32. n mengatakan:

    .qu jga pngen ikt bdik msi,,,,,,,,,

  33. abdul muta'ali mengatakan:

    saya mau tanya ,
    siswa ini sekolah di SMA akreditasi B ..
    di semester 3 dia peringkat 70%..
    di semester 4 dia peringkat 25% ..
    dan di semester 5 dia peringkat 5%
    apa siswa tsb layak mendapat beasiswa bidikmisi ?

  34. arin mengatakan:

    beasiswa bidikmisi ada yang buat mahasiswa semester 1 gak ya? makasi

  35. rima mengatakan:

    aduh bingung bagaimana ikut jalur bidik misi, gg ada yang ngebina

  36. Hamsinar mengatakan:

    Msih bisa gak yach dftarx klw Q lulusan 2012 kethn ini,sya pegn skli kuliah,tpi ekonmi tdk mndukung,,,

  37. Ozal mengatakan:

    pengen kuliah tapi terbentur dana, mau ikutan bidik misi, pastinya gak masuk, soalnya aku lulus tahun 2006. mau cari pinjaman tapi ke mana yach? tolong bantu dong….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s