Tips Merawat Baterai Laptop / Notebook

Posted: 4 November 2010 in #>> COMPUTERS, Hardware
Tag:, , , , , , ,
Baterai Laptop

Baterai Laptop

Baterai laptop adalah komponen yang penting banget yang ada di laptop kita. Soalnya, kita beli laptop adalah untuk mobilitasnya, yaitu untuk dibawa-bawa dengan tenaga baterai tanpa harus nyari-nyari colokan.

Nggak keren banget kalo laptop keren tapi baterenya loyo!

Oleh karena itu, batere laptop kita harus dirawat, karena barang yang satu ini sangat rentan terhadap kerusakan, udah gtu harganya mahal lagi. Bete kan kalo misalnya udah ngedrop, baru setengah jam dipake udah mesti nyolok lagi. apa bedanya ama desktop yanga mesti ada colokan?

Nah, saya mau bagi-bagi tips gimana supaya batere notebook kita awet. emang kita ga bisa ngehindarin penurunannya, tapi kita bisa “memperlambat” proses penuaan itu.

1. Jangan taro laptop di atas kasur/ karpet/ sofa. Laptop butuh sirkulasi udara karena dia ngeluarin panas. Kalo kita taro di kasur, tuh panas ga bakal keluar.

2. Gunakan cooling pad. Cooling pad bisa membantu meredam suhu laptop yang panas. Laptop adem, batere adem, hati adem.

3. Laptop zaman sekarang udah pinter-pinter. Jadi, kalo misalnya lagi dicharge terus udah penuh, dia bakal memutus arus dengan sendirinya. Jadi ga perlu dicabut tuh adaptornya. Kalo ga percaya, coba aja pegang adaptornya pas baterenya udah penuh. Adem kan?

4. Kalo laptop ga dipake dalam waktu lama (misalnya seminggu) batere laptop sebaiknya disimpen aja. Taro di dalem plastik kering, terus taro di tempat yang sejuk. Kalo bisa taroin beberapa silica gel untuk mencegah kelembaban.

5. Jangan taro laptop atau batere laptop di dalam mobil yang kejemur sinar matahari. Inget panas adalah musuh laptop dan baterenya.

6. Kalibrasi batere laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pake batere laptop sampe bener-bener abis, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam batere, sehingga kndisinya selalu prima.

7. Baterai atau laptop jangan sampai terbentur apalagi jatuh. Jangan juga ditaro/ditindih benda berat, karena akan rentan terhadap arus pendek/korslet sehingga menyebabkan overheating.

8. Jangan sampai kena air. Tau sendiri akibatnya. Walaupun nantinya kering dan bisa dipake lagi, jamur dan korosi akan menggerogoti fisik si batere itu sendiri.

9. Selalu pake batere dan charger original. Mau batere murah tapi laptop jebol?

10. Kalo lagi pake laptop tanpa batere, usahakan tegangan listrik di rumah kita stabil. Caranya adalah dengan pake stabilizer. Kalo ngga ada stabilizer, sebaiknya batere dipasang aja. Harga batere ga sebanding dengan kerusakan laptop! lebih baik lagi pakai UPS… jadi saat tiba2 listrik mati, laptop masih hidup dan kita masih sempat shutdown..

11. Kalo sering idup-matiin laptop, sebaiknya ga usah dimatiin tuh laptop tapi di sleep aja. Langsung aja tutup, tunggu suaranya berhenti, bungkus. Karena tenaga yang diperlukan lebih kecil dibandingkan pas pertama nyalain laptop.

12. Gunakan power management pada control panel. Set brightness di bawah 50%, jangan pake screen saver aneh-aneh, pake blank karena paling irit power, set waktunya juga agar tidak telalu lama. Set juga power jadi max battery

12. Ikutin panduan yang udah dikasih sama produsen laptop.

source: Ivrania

Komentar
  1. Jhoe mengatakan:

    thaks infonya gan…
    salam kenal dari blog pemograman vb
    visit my blog

  2. Knp pke btray yg bukan original bs membuat laptop jebol?

  3. goldenwap mengatakan:

    thank info perawatan batrei laptopnya,mau
    nanya .. bila standart batrei yang bagus,berapa
    lama masa aitif batrei tersebut jika kita
    menggunakan laptop untuk ngenetan,laptop
    saya baru,kok buat ngenet cuma 3,5 jam ya,apa
    itu boros?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s