Hindari Macet dengan Google Latitude

Posted: 9 September 2011 in Jaringan

Anda akan berangkat mudik? Jalur mana yang akan ditempuh? Manapun jalur yang akan dipilih, Anda tidak perlu khawatir. Ada panduan yang bisa digunakan secara gratis agar tidak terjebak macet di jalan. Caranya mudah, cukup gunakan smartphone ataupun tablet PC yang kamu punya.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda pakai adalah Google Latitude. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile yang dapat memberikan informasi seputar lokasi di mana penggunanya berada. Ia juga memungkinkan pengguna mengikuti orang-orang tertentu dan melihat posisi di mana ia berada.

Khusus untuk mudik kali ini, lewat akun Google, pengguna bisa menambahkan satu layer, yakni Trafik pada peta yang ada untuk mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas yang terjadi di sana.

Yang menarik, tidak seperti aplikasi peta lain yang spesifik untuk smartphone merek tertentu, Google Latitude bisa dipasang di smartphone merek apapun termasuk Apple, Nokia, beberapa seri Sony Ericsson dan tentunya ponsel dengan sistem operasi Android.

Untuk memilikinya, cukup arahkan browser ke alamat http://google.com/latitude dan download Google Latitude versi terbaru (Versi 4.0.0) berukuran 1,5MB. Jika Anda tidak suka versi bahasa Inggris, versi Bahasa Indonesia juga bisa Anda gunakan. Setelah download selesai, instalasikan aplikasi itu dari tempat di mana Anda menyimpan file instalasi yang didownload tadi.

Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi dan tambahkan layer Trafik di sana. Jalur-jalur yang sedang lancar, padat merayap sampai macet total pun terpampang di sana. Sayangnya, saat kami coba, informasi kepadatan lalu-lintas yang diberikan Google baru di sekitar Jabodetabek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s