Pengertian Domain – Apa Sih Domain Itu?

Posted: 25 September 2011 in Blog, Internet
Tag:, , , , , , ,

Nama-nama DomainApa sih Domain Itu? Banyak yang belum tahu tentang Domain khususnya bagi para blogger pemula maupun orang awam. Dan terkadang disamakan dengan hosting. Namun di sini kami akan sedikit menjelaskan apa itu Domain.

Domain adalah alamat atau nama untuk web atau blog Anda. (Ini pengertian secara mudahnya). Jika secara Ilmu Komputer Domain adalah nama yang unik yang ditujuannya untuk mengidentifikasi nama server hosting pada jaringan internet. Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.
Dalam jaringan internet,  untuk mengakses ke komputer lain harus menggunakan IP Address dan Domain inilah yang berperan untuk menggantikan deret alamat IP Address tersebut. Misalnya IP Address 39.100.200.300 memiliki Domain http://www.domsaya.com

Jadi Domain ini nanti adalah alamat atau nama yang akan menjadi identitas blog atau web Anda.

Level Domain
1. Top Level Domainadalah deretan kata dibelakang nama domain seperti

  1. .com (dotcommercial)
  2. .net (dotnetwork)
  3. .org(dotorganization)
  4. .edu(doteducation)
  5. .gov(dotgoverment)
  6. .mil(dotmilitary)
  7. .info (dotinfo)
  8. dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com. Layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dll. Sementara yang memberikan secara cuma cuma adalah http://www.freedomain.co.nr memberikan .co.nr secara gratis dan http://www.co.cc yang memberikan .co.cc secara gratis

Name Server(NS) adalah alamat atau lokasi dari suatu server. Sebagai contoh Domain example.com tersimpan di server, untuk menuju kesana, pihak server menyediakan NS agar memudahkan dalam pengaksesan data.

Domain Name Sistem(DNS) adalah aturan yang dipakai dalam penamaan nama domain.

Semoga Bermanfaat !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s