WordPress 3.2, Apanya yang baru?

Posted: 25 September 2011 in Blog, Internet
Tag:, , , , , , , , , , , , ,

The WordPress CMSBagi anda yang biasa menulis blog atau membuat website, nama WordPress pasti sudah tidak asing lagi buat anda. Ya, WordPress adalah aplikasi blog dan CMS yang paling digemari oleh kalangan developer di seluruh dunia.

Pada tanggal 4 Juli 2011 yang lalu, WordPress merilis versi terbaru, yaitu Wordpres 3.2 dengan mengusung nama “Gershwin” yang diambil dari nama musisi asal AS, George Gershwin. Beberapa perubahan fitur utama nampak terlihat pada tampilan Dashboard, template, tombol update maupun format postingan. Fokus dari rilis ini adalah membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat, lebih ringan, dan lebih ramping.

Apa saja perubahan yang terjadi pada WordPress 3.2? Apa saja fitur baru pada WordPress 3.2?

Berikut adalah fitur baru yang ada di WordPress 3.2 :

Versi PHP dan MySQL
Salah satu perubahan teknis yang besar di WordPress 3.2 adalah meniadakan dukungan pada versi lama PHP dan MySQL.

Menggunakan PHP 5 dan MySQL 5 berarti versi WordPress yang akan datang akan lebih ringan, memiliki lebih banyak fitur, dan performa yang lebih optimal.

Persyaratan minimum WordPress yang baru adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.

Kita dapat mengetahui apakah web server kita memenuhi persyaratan minimum cara dengan menginstall plug-in Health Check dari direktori WordPress. Dengan cara ini kita bisa mengetahui apakah versi PHP dan MySQL yang kita  jalankan sudah sesuai untuk WordPress 3.2 atau tidak.

Tidak Mendukung IE6
Wordpress 3.2 meninggalkan dukungan pada IE6, sebab banyak fitur baru yang tidak dapat dimainkan dengan browser model lama tersebut.

Bagi anda pengguna IE 6, berpindahlah ke browser yang lebih modern seperti Google Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau IE 9.

Theme Default Baru
Pada versi ini, WordPress menyertakan theme baru bernama Twenty Eleven. Theme ini adalah penerus theme Duster yang dikembangkan oleh tim Automatic (para pengembang WordPress.com), sebuah theme yang mengesankan.

Theme Twenty Eleven meningkatkan fitur Duster. Peningkatan ini membuatnya lebih stabil dan kuat.  Theme yang bersih dan modern serta mendukung tata letak yang fleksibel. Ini berarti blog atau website yang sama akan tampil keren di ponsel, iPad ataupun monitor desktop dengan berbagai ukuran.

Layout Template

Tidak perlu repot menguasai bahasa pemrograman, sebab WordPress 3.2 menyediakan 3 pilihan tampilan layout template. Mau kontennya ada di kiri, kanan atau ditengah-tengah tanpa sidebar cukup memilihnya di Twenty Eleven Theme Options.

Layout WordPress

Tumblr Style

WordPress 3.2 memungkinkan penggunanya untuk memilih gaya postingan ala Photolog dan Tumblr, salah satu layanan microblogging gratisan.  Sebetulnya pada versi sebelumnya juga tersedia, namun hanya terbatas pada beberapa format saja yakni standard, aside dan image. Di versi terbaru ini, 4 format baru ditambahkan sebagaimana gaya postingan ala Tumblr.

Color Scheme

Ada dua pilihan default warna layout yang menempel pada Twenty Eleven yakni warna terang dan gelap. Pilihan lainnya adalah warna link pada template bisa diganti dengan warna kesukaan kita.

Fullscreen Editing
Salah satu fitur yang paling baru di WordPress 3.2 adalah penambahan mode menulis yang bebas gangguan, yaitu berupa fasilitas posting dengan kotak menulis sepenuh layar browser.

Dengan fitur ini pengguna bisa leluasa untuk menulis setiap paragraf tanpa terganggu oleh sidebar, menu dan option yang membuat sempit layar menulis.

Desain Baru Dashboard
Desain halaman admin WordPress 3.2 juga sudah ditingkatkan. Antarmuka yang baru tampil lebih bersih, lebih ramping, dan lebih ringan/cepat.

Kalau anda ingin mencoba WordPress 3.2 di komputer anda sendiri, silahkan download di halaman WordPress Indonesia atau kalau anda menggunakan jasa web hosting, silahkan menginstall melalui Fantastico di CPanel.  Kalau anda sudah punya blog atau website dengan WordPress versi lama silahkan coba upgrade dari dashboard WordPress anda (sebelumnya jangan lupa backup).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s