webhostingXPCOMP.COMApa sih web hosting itu? Bagi yang awam bahkan yang sudah lama ngeblog dengan blog gratisan seperti blogspot, wordpress, dan sejenisnya, belum tentu tahu apa itu hosting. Karena blog gratisan tinggla pakai, tidak peduli hosting.

Menurut Wikipedia Web Hosting adalah Salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web atau situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes hingga terabytes yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Istilah HOSTING Berasal dari kata host. Komputer yang terhubung dalam jaringan. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam suatu komputer yang terhubung dengan jaringan. Hosting menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.

Layanan hosting memberikan banyak variasi. Yang paling mendasar adalah halaman web dan skala kecil file hosting, di mana file – file tersebut dapat di-upload  melalui File Transfer Protocol (FTP) atau melalui Web Browser. Banyak penyedia layanan Internet (ISP) menawarkan layanan ini bebas untuk pelanggan mereka. Atau bahkan dapat juga mendapatkan web hosting dari penyedia layanan lain, sebagai alternatif dari ISP. Biasanya, situs web hosting pribadi diberikan secara gratis. Untuk iklan sponsor, dikenakan biaya. Untuk situs web hosting dengan tujuan bisnis dikenakan biaya sewa yang lebih tinggi.

Ibarat rumah adalah blog/website, maka domain adalah nama dan alamat rumah. Sedangkan hosting adalah tanah untuk membangun rumah itu sendiri. Diatas tanah kita dapat membangun rumah dan didalam hosting pula kita dapat membangun website/blog.

data-center-web-hosting

Jenis-jenis hosting :

  1. Berdasarkan biaya :
    • Free hosting adalah hosting yang disediakan secara gratis
    • Trial hosting adalah hosting yang diberikan kepada calon pelanggan untuk ujicoba kehandalan dan fasilitas hosting. Biasanya trial hosting diberikan 30-60 hari saja.
    • Paid Hosting adalah hosting yang mengharuskan membayar biaya sewa. Hosting jenis ini paling banyak digunakan. Tidak lain karena pelayanan dan kualitasnya tentu tidak asal-asalan.
  2. Berdasarkan user/client :

    • Shared hosting yaitu hosting/server yang digunakan secara bersama-sama (berbagi) oleh banyak pelanggan. Hosting jenis ini paling banyak dipilih karena harganya jauh lebih murah.
    • Virtual Privat Server (VPS) atau dedicated rerver adalah server hosting yang digunakan secara pribadi (privat). Pelanggan VPS mempunyai akses penuh terhadap VPS tidak seperti Shared yang terbatas pada level user. Kapasitas hosting, prosesor, bandwith dan memory pun dipakai secara pribadi.
    • Co-Location Server adalah layanan untuk menghosting server milik anda, Server disediakan oleh anda, dan diletakkan di Data Center penyedia layanan web hosting. Tujuan meletakkan server di data center  adalah agar server milik anda (beserta data di dalamnya, semisal website, program) dapat diakses dari seluruh dunia dengan cepat, dan biayanya lebih murah.

     

Istilah-istilah penting mengenai web hosting :

Free web hosting – ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda dengan layanan berbatas, kadang-kadang dipenuhi oleh iklan, dan sering layanannya terbatas bila dibandingkan dengan hosting berbayar.

Shared web hosting – salah satu situs yang ditempatkan pada server yang sama seperti banyak situs lainnya, mulai dari beberapa ke ratusan atau ribuan. Biasanya, semua domain dapat berbagi renang umum sumber daya server, seperti RAM dan CPU. Fitur yang tersedia dengan jenis layanan ini bisa sangat luas. Sebuah situs web dapat berbagi host dengan reseller.

Reseller Web hosting – memungkinkan klien untuk menjadi web host sendiri. Reseller bisa berfungsi, untuk setiap domain, di bawah setiap kombinasi yang tercantum ini jenis hosting, tergantung pada siapa mereka berafiliasi dengan sebagai penyedia. Reseller ‘account dapat sangat bervariasi dalam ukuran: mereka mungkin memiliki server virtual sendiri ke collocated server. Banyak reseller menyediakan layanan yang hampir identik selular mereka bersama rencana hosting dan menyediakan dukungan teknis sendiri.

servesVirtual Dedicated Server – juga dikenal sebagai Virtual Private Server (VPS), membagi sumber daya server ke server virtual, di mana sumber daya dapat dialokasikan dengan cara yang tidak secara langsung mencerminkan mendasari perangkat keras. VPS akan sering menjadi sumber daya yang dialokasikan didasarkan pada satu server ke banyak hubungan VPS, virtualisasi tetapi dapat dilakukan untuk beberapa alasan, termasuk kemampuan untuk memindahkan wadah antara server VPS. Para pengguna dapat memiliki akses root untuk ruang virtual mereka sendiri. Kadang-kadang Pelanggan bertanggung jawab untuk memperbaiki dan pemeliharaan server.

Dedicated layanan hosting – pengguna mendapatkan sendiri server Web dan keuntungan kendali penuh atas hal itu (akses root untuk Linux / akses administrator untuk Windows), namun, pengguna biasanya tidak memiliki server. Jenis lain Dedicated hosting adalah Self-Managed atau Unmanaged. Hal ini biasanya yang paling mahal untuk Dedicated rencana. Pengguna memiliki akses administratif penuh ke kotak, yang berarti klien bertanggung jawab atas keamanan dan pemeliharaan kotak berdedikasi sendiri.

Managed hosting service – pengguna mendapatkan sendiri web server tetapi tidak diperbolehkan kendali penuh atas hal itu (akses root untuk Linux / akses administrator untuk Windows), namun mereka diperbolehkan untuk mengatur data melalui FTP atau tool manajemen remote lain . Pengguna batasan kontrol penuh sehingga dapat menjamin kualitas penyedia layanan dengan tidak mengizinkan user untuk merubah server atau berpotensi menciptakan masalah konfigurasi. Biasanya user tidak memiliki server. Server disewakan kepada klien.

Colocation hosting web: mirip dengan layanan hosting dedicated web, tetapi pengguna memiliki colo server; perusahaan hosting menyediakan ruang fisik yang mengambil server dan mengurus server. Ini adalah yang paling kuat dan mahal jenis layanan hosting web. Dalam kebanyakan kasus, colocation selular mungkin memberikan sedikit atau tidak ada dukungan langsung untuk mesin klien mereka, hanya menyediakan listrik, akses Internet, dan fasilitas penyimpanan untuk server. Pada kebanyakan kasus untuk colo, klien akan mempunyai administrator sendiri mengunjungi pusat data di lokasi untuk melakukan upgrade perangkat keras atau perubahan.

Cloud Hosting – adalah jenis baru hosting platform yang memungkinkan pelanggan yang kuat, terukur dan dapat diandalkan yang didasarkan pada berkerumun hosting seimbang beban server dan tagihan utilitas. Menghapus titik tunggal kegagalan dan memungkinkan pelanggan hanya membayar apa yang mereka gunakan versus apa yang bisa mereka gunakan.

Clustered hosting – hosting server memiliki banyak konten yang sama untuk pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Berkumpul Server adalah solusi sempurna untuk ketersediaan tinggi yang didedikasikan hosting, atau membuat web hosting scalable solusi. Sekelompok dapat terpisah dari database melayani web hosting kemampuan.

Grid hosting – bentuk ini didistribusikan hosting adalah ketika sebuah server cluster bertindak seperti kotak dan terdiri dari beberapa node.

Home server – biasanya sebuah mesin tunggal ditempatkan di kediaman pribadi dapat digunakan untuk host satu atau lebih situs web dari konsumen-kelas biasanya koneksi broadband. Ini dapat dibangun tujuan-mesin atau lebih umum PC tua. Beberapa ISP secara aktif berusaha untuk memblokir rumah disallowing masuk server oleh permintaan untuk TCP port 80 dari pengguna sambungan dan dengan menolak untuk memberikan alamat IP statis. Sebuah cara yang umum untuk mencapai yang handal DNS host adalah dengan menciptakan account dengan layanan DNS dinamis. Sebuah layanan DNS dinamis secara otomatis akan mengubah alamat IP URL yang menunjuk ke alamat IP ketika perubahan.

Komentar
  1. […] hosting gratis?? Ini saya buatkan daftar hosting gratis terbaik yang lumayan bagus. Sebagian dari hosting gratis ini sudah saya coba untuk membuat blog berbasis wordpress dan juga untuk membuat website […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s