Picasa-iconUntuk melihat tampilan photo atau gambar, secara default pada windows xp menggunakan program Windows Picture and Fax viewer dan pada windows 7 menggunakan program Windows Photo Viewer. Namun, kedua program image viewer diatas saya rasa masih kurang lengkap, karena hanya menampilkan gambar saja dan tidak dilengkapi dengan fitur-fitur yang sering diperlukan dalam mengelola gambar.

Picasa adalah aplikasi image editing & sharing secara gratis dan juga sebagai image atau photo viewer yang cukup handal, powerful dan ringan dari Google Corporation yang dapat membuat foto-foto Anda terlihat baik. Software ini dapat bekerja dengan file JPEG, GIF, BMP, PSD dan berbagai format file lainnya, dan kompatibel dengan sebagian besar kamera digital, di mana Picasa akan mendeteksi driver USB dan akan mengimpor file gambar dan foto ke dalam album.

screenshot-picasaUntuk screenshot yang lainnya silahkan klik disini.

Dengan Picasa, Anda dapat dengan mudah melakukan transfer, menemukan, mengelola, mengedit, mencetak, dan berbagi foto ataupun gambar baik  gambar di komputer Anda maupun gambar di Internet. Anda bisa juga langsung mengedit gambar jika terkoneksi dengan internet, diantaranya adalah melakukan crop, red eye, memberi text pada gambar, contrast, color, pengaturan cahaya dan efects.

Anda bisa melakukan zoom  dengan resolusi gambar yang tetap berkualitas meskipun gambar tersebut diperbesar sampai maksimal. Cukup dengan menggunakan tombol navigator keatas atau menggunakan scroll keatas pada mouse. Gambar bisa juga ditarik kekiri atau kekanan menggunakan mouse. Selain itu latar selain gambar berupa transparan sehingga kita tetap bisa mengetahui jendela lain yang sedang aktif.

Picasa juga bisa diintegrasikan dengan Picasa Web Albums yang merupakan layanan hosting foto milik Google, yang menyediakan kapasitas hosting sebesar 1 GB secara gratis. Picasa dapat digunakan untuk mengupload dan memanipulasi gambar, karena Picasa Web Albums hanya berfungsi sebagai host dan tidak menyediakan fitur-fitur tersebut.

Berikut ini fitur-fitur Picasa :

  1. Picasa ini gratis, tidak perlu serial number, crack atau keygen! Ukuran filenya juga kecil, cuma 13MB.
  2. Mampu mengumpulkan semua file gambar/foto yang tersimpan di dalam komputer, baik tersimpan di folder manapun bahkan di tempat yang mungkin anda lupa.
  3. Mampu mengenali dan mengelompokkan setiap wajah atau foto yang ada wajah manusia di dalamnya, di seluruh foto yang ada di dalam  komputer. Dengan ini, kita bisa mengelompokkan foto orang tertentu dengan pemberian nama. Dan secara otomatis Picasa akan mencari foto yang semirip mungkin dengan wajah yang di beri nama tadi. Keren!
  4. Loading aplikasi dan pencarian foto yang ringan dan sangat cepat. Sangat beda sekali dengan ACD See!
  5. Efek preview images dan slideshow dengan fullscreen yang sangat keren, seperti flash!
  6. Dapat digunakan untuk membuat video Film langsung dari kumpulan foto dengan berbagai efek transisi. Sangat cepat dan keren!
  7. Tersedia fitur email, Upload, Download dan Blogs langsung ke Picasa Web atau blogspot.
  8. Dapat digunakan untuk membuat slideshow untuk Screen saver dari kumpulan foto.
  9. Fitur Kolase untuk menumpuk foto dengan berbagai bentuk.
  10. Foto editor untuk mengedit foto dengan tool standar. Juga bisa edit langsung ke “Picnik” sebuah situs edit foto secara online.
  11. Burning foto langsung ke CD atau print foto langsung ke Printer!
  12. Tersedia tool untuk jepret foto dan video dari webcam.
  13. Dapat juga digunakan sebagai Pemutar Video.
Jika anda tertarik atau masih menggunakan photo viewer bawaan windows, tidak ada salahnya mencoba software picasa ini. Anda bisa download picasa terbaru secara gratis pada link dibawah ini.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s