Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Posted: 6 Maret 2013 in Blog
Tag:, , , ,

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Era pasar bebas dan terbuka membuat ribuan produk beredas bebas dan luas di masyarakat. Kondisi macam itu tentu membuat kita harus lebih teliti dan waspada ketika membeli sebuah produk. Pasalnya masih banyak produk beredar tak sesuai standar dan dinyatakan tak aman. Padahal idealnya, produk yang sudah beredar harus terjamin keamanannya.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Hasil pengawasan yang dilakukan oleh Kemendag secara keseluruhan selama kurun waktu tahun 2012 telah ditemukan 621 produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan. Jumlah temuan ini meningkat sebesar 28 produk dibandingkan tahun 2011. Dari temuan tersebut 61% merupakan produk impor dan 39% merupakan produksi dalam negeri.

Berdasarkan jenis pelanggarannya sebesar 34% produk diduga melanggar persyaratan SNI, 22% diduga melanggar MKG, 43% diduga melanggar ketentuan label dalam Bahasa Indonesia, serta 1% diduga tidak memenuhi ketentuan produk yang diawasi distribusinya.

Sedangkan berdasarkan kelompok produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan, sebanyak 39% merupakan produk elektronika dan alat listrik, 20% produk alat rumah tangga, 13% produk suku cadang kendaraan, serta sisanya adalah produk bahan bangunan, produk makanan minuman dan Tekstil dan Produk Tekstil (TPT).

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tak pernah berhenti meningkatkan pengawasan barang beredar terhadap produk non-pangan maupun pangan. Selain untuk melindungi konsumen, pengawasan secara berkesinambungan akan menciptakan iklim usaha yang sehat di Tanah Air. Demikian ditegaskan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi saat mengumumkan hasil pengawasan barang beredar dan jasa di kantor Kementerian Perdagangan pada Januari 2013.

“Pengawasan tersebut juga dilakukan untuk mendorong peningkatan produksi dan penggunaan produk dalam negeri serta mencegah distorsi pasar dari peredaran produk impor yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Wamendag.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen - Timbang Gratis

Timbang Kembali, Gratis!!!

Kita sebagai pembeli, sudah sepantasnya kita berusaha menjadi konsumen yang cerdas. Terlebih bila kita termasuk dalam orang-orang kosumtif yang membeli barang dan jasa tanpa mempertimbangkan unsur-unsur penting yang menjadi hak setiap konsumen.

Kita perlu mengingat pesan yang kerap dikatakan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan bahwa penjual dan pembeli dalam hal ini konsumen mempunyai ikatan hubungan yang erat dalam proses jual beli.

Ini artinya, semua masyarakat selaku konsumen harus bisa menjadi konsumen yang cerdas, teliti, dan cermat dalam memilih barang-barang yang akan dikonsumsi. Selain itu, setiap orang juga harus mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen yang baik.

Untuk menjadi konsumen cerdas tidaklah terlalu rumit. Tiga Tips yang selalu disosialiasai Kementerian Perdagangan di bawah ini setidaknya bisa menjadi pegangan setiap konsumen.

Pertama, Untuk dapat menjadi konsumen cerdas, yaitu sebagai konsumen harus dapat menegakkan hak dan kewajibannya, lakukanlah hal-hal ini, yaitu teliti sebelum membeli, memperhatikan label, kartu manual garansi dan tanggal kadaluarsa, memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan standar mutu K3L, serta membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan.

Kedua, sebagai konsumen kita semua juga harus dapat mempertahankan dan meningkatkan tanggung jawab sosial sebagai konsumen dengan cara membeli produk dalam negeri, bijak menjaga bumi, dan pola konsumsi pangan yang sehat.

Ketiga, sebagai konsumen kita juga harus tahu bahwa konsumen mempunyai hak dan kewajiban yang dilindungi oleh Undang-undang dan mengetahui akses ke lembaga perlindungan konsumen untuk memperjuangkan hak-haknya. Dengan pengetahuan ini maka tingkat kesadaran masyarakat dalam melindungi dirinya sendiri dan lingkungannya bisa menjadi lebih tinggi.

Seperti telah kita ketahui, pemerintah telah membuat regulasi atau payung hukum untuk melindungi konsumen, dan secara rutin pemerintah juga melakukan pengawasan. Namun tanpa dukungan nyata dari konsumen payung hukum yang telah ditetapkan pemerintak tidaklah akan efektif.

Karena itu, sejalan dengan upaya tersebut, maka tak kalah pentingnya adalah partisipasi aktif konsumen untuk bersikap kritis dan membantu Pemerintah dalam melakukan pengawasan.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen - Logo Kemendag

Logo Kemendag

Pengawasan Pemerintah Terus Dilakukan Demi Perlindungan Konsumen. Wakil Menteri Perdagangan menjelaskan bahwa sebagai bentuk upaya mewujudkan perlindungan konsumen yang lebih optimal, Kementrian Perdagangan telah menetapkan dua sasaran program pengawasan barang beredar di tahun 2013.

Pertama, Kemendag akan meningkatkan efektifitas Pengawasan Barang Beredar di daerah perbatasan melalui kegiatan Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB), pelaksanaan pengawasan berkala/khusus, crash program, pengawasan implementasi label dalam Bahasa Indonesia dan MKG, serta pengawasan distribusi.

Kedua, Kemendag akan mengoptimalisasi penegakan hukum melalui peningkatan kualitas koordinasi aparat penegakan hukum dan pendampingan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perlindungan Konsumen (PPNS-PK) di daerah.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen - Banner

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Komentar
  1. […] Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen […]

  2. […] Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen […]

  3. […] Anda yang mungkin saat ini masih bingung dan kesulitan dalam pembuatan website, berikut ini adalah langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk menciptakan […]

  4. […] Anda yang mungkin saat ini masih bingung dan kesulitan dalam pembuatan website, berikut ini adalahlangkah langkah yang dapat anda lakukan untuk menciptakan […]

  5. […] Anda yang mungkin saat ini masih bingung dan kesulitan dalam pembuatan website, berikut ini adalah langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk menciptakan […]

  6. […] Anda yang mungkin saat ini masih bingung dan kesulitan dalam pembuatan website, berikut ini adalah langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk menciptakan […]

  7. […] meningkatkan pengawasan barang beredar terhadap produk non-pangan maupun pangan. Selain untuk melindungi konsumen, pengawasan secara berkesinambungan akan menciptakan iklim usaha yang sehat di Tanah Air. Demikian […]

  8. […] Anda yang mungkin saat ini masih bingung dan kesulitan dalam pembuatan website, berikut ini adalah langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk menciptakan […]

  9. […] Anda yang mungkin saat ini masih bingung dan kesulitan dalam pembuatan website, berikut ini adalah langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk menciptakan […]

  10. […] Anda yang mungkin saat ini masih bingung dan kesulitan dalam pembuatan website, berikut ini adalah langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk menciptakan […]

  11. […] Anda yang mungkin saat ini masih bingung dan kesulitan dalam pembuatan website, berikut ini adalah langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk menciptakan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s