webspaceHABIBIMUSTAFA.COM - Perkembangan dunia internet yang cepat membawa dampak mudahnya untuk mangekspresikan diri di internet. Membangun situs web sama sederhananya seperti menggunakan text editor, tetapi untuk mempublikasikan di WWW (World Wide Web) kita membutuhkan perusahaan web hosting.

Ada begitu banyak layanan di pasar web hosting, yang terkadang membuat anda sulit mengindentifikasi layanan mana yang terbaik untuk web site anda. Beberapa perusahaan menawarkan web hosting gratis, dan tentu saja tawaran ini sangat menggoda, tapi apakah ide web hosting gratis ini layak untuk anda pergunakan? atau apakah anda lebih memilih web hosting yang berbayar saja? xpcomp.com mencoba memberikan beberapa pertimbangan berikut ini:

A. Web Hosting Gratisan

Web Hosting Gratis adalah Layanan Web Hosting yang tidak usah membayar jika kita menggunakan layanannya. Wow.. ternyata dijaman seperti ini masih ada juga layanan yang gratis ya? tentu.. di internet semua kemungkinan bisa saja terjadi. Lantas bagaimana perusahaan penyedia hosting gratis itu membiayai layanannya? tentu saja dari iklan yang disisipkan ke web site anda, dan pelanggan yang lain. Ada juga perusahaan yang menawarkan hosting gratis dengan sumber daya dan fitur web hosting terbatas, sebagai langkah mencoba, jika pengguna web hosting gratis telah memanfaatkan manfaatnya, mereka akan beralih ke layanan web hosting berbayar yang juga mereka sediakan.

  • Tanpa Biaya (Gratis),
    tentu saja – yang namanya web hosting gratisan pasti tanpa biaya. :) Pengguna memiliki hak untuk menaruh konten situs web di ruang server yang disediakan oleh perusahaan webhosting tanpa biaya apapun.
  • Cocok untuk Pemula,
    jenis layanan ini sangat bagus untuk kita yang masih baru dalam dunia internet dan berusaha untuk lebih akrap dengan pembuatan website atau blog dan memahami fungsionalitas web server. selain itu bagi cocok juga bagi yang ingin mengembangkan sebuah web site sederhana, seperti personal site, blog dan lain-lain, yang tidak memerlukan database yang terlalu banyak baik dari besaran file maupun jumlah akun database-nya.
  • Banyak Tools Gratis,
    sebagian besar perusahaan-perusahaan ini menyediakan alat mudah dan terpadu untuk meng-upload halaman ke account hosting. Mereka menyadari fakta bahwa layanan webhosting gratis umumnya digunakan oleh pemula dan masih belajar.

————————–

  • Banyak Iklan,
    kebanyakan web hosting gratisan sering disisipi iklan atau promo dari penyedia layanan hosting.
  • Banyak Aturan,
    keharusan untuk mentaati aturan main yang sering membuat kita kurang dapat mengembangkan website/blog seperti membatasi pemasangan iklan, larangan menggunakan scrpt-script tertentu,larangan penggunaan bahasa tertentu,larangan membuat situs warez dll.
  • Sumber Daya Terbatas,
    baik itu bandwidth, kapasitas hardisk, penggunaan database. Jangan heran jika anda melihat web site anda tiba-tiba kena penangguhan (suspend), karena melebihi penggunaan sumber daya, ataupun anda melanggar ketentuan penggunaan mereka.
  • Hanya Support Subdomain,
    sering tidak mendukung penggunaan domain sendiri sehingga yang kita dapatkan adalah http://namadomainkamu.penyediawebhost.com/ . Sebenarnya hal ini bisa diakali dengan fitur add on domain (jika disediakan)
  • Kurang Profesional,
    biasanya web hosting gratisan dipandang sebelah mata oleh search engine karena blog dengan webhosting gratis sering menjadi sarang spammer.

Jadi Web hosting gratis pasti jelek? belum tentu, web hosting gratis juga menawarkan fitur tak kalah menarik yang sesuai dengan tema web mereka, seperti blogger.com yang menawarkan web hosting gratis untuk mengembangkan blog, dengan beberapa kemudahannya, termasuk pilihan template dan web builder dan banyak blogger memulai aktifitas blogging-nya di sini.

B. Web Hosting Berbayar

Seperti namanya Web hosting berbayar (paid web hosting) adalah web hosting yang menerapkan pembayaran untuk penggunaan layanannya, tidak seperti web hosting gratis, web hosting berbayar, lebih longgar dari sisi penawaran fitur, pilihan upgrade paket, support pelanggan 24 jam yang responsif, penggunaaan domain sendiri, fasilitas email, alokasi database, penggunaan sub domain, forwarding email, backup/ restore dan lain sebagainya, yang kesemuanya itu hampir tidak didapatkan di web hosting gratis.

  1. Berbayar,
    so pasti – kita perlu membayar biaya operasional perusahaan secara periodik. Jumlah biaya dapat bervariasi dari perusahaan satu dan lainnya. Dalam satu perusahaan webhosting saja kita diberi banyak pilihan paket dengan harga bervariasi juga. Harga mengikuti lokasi (IIX/US) dan skala server yang kita pilih (Shared hosting/VPS/Dedicated/cloud), jumlah ruang disk dan batas banwidht perbulan dan sistem operasi open source yang di gunakan.
  2. Cocok untuk Proffesional,
    webhosting yang berbayar paling cocok untuk pemilik situs web profesional karena memiliki kompleksitas layanan yang lebih yang dapat digunakan untuk mengembangkan web.
  3. Bebas dari Iklan,
    tidak ada syarat iklan dari perusahaan webhosting. kita bisa memasang iklan kita sendiri atau menghilangkannya sama sekali.
  4. Lebih leluasa,
    akan lebih mudah mengembangkan website dengan hosting berbayar sebab tidak adanya aturan tertentu dari perusaan webhosting selain aturan-aturan standar yang tidak terlalu membebani pelanggan.
  5. Jaminan Uptime,
    akun akan selalu aktif dan uptime 99,9%. jika sewaktu-waktu server down, kita dapat komplain ke pihak penyedia layanan hosting.
  6. Sumber Daya yang Sesuai,
    Jumlah disc space dan batas banwidth perbulan dapat kita pilih sesuai ketentuan harga dari perusahaan webhosting.
  7. Tools yang Lebih Lengkap,
    ada banyak alat yang bisa kita gunakan di kontrol panel yang tidak disediakan di web hosting gratisan.
  8. Support Top Domain,
    Selalu mendukung penggunaan nama domain sendiri dan menyediakan juga layanan sewa nama domain.
  9. Lebih Proffesional,
    Website akan dipandang serius oleh search engine apalagi jika kita menyewa webhosting untuk jangka waktu di atas 1 tahun.

Web hosting berbayar juga tidak selalu lebih baik dari web hosting gratis, anda perlu lebih cermat dalam mengamati setiap tawaran yang mereka berikan, sesuaikan dengan keperluan dan tujuan anda. Selamat memilih layanan web hosting…

About these ads
Komentar
  1. [...] Perlu diingat bahwa hosting gratisan memiliki sumber daya yang terbatas, baik itu bandwidth, kapasitas hardisk, penggunaan database. Jangan heran jika anda melihat web site anda tiba-tiba kena penangguhan (suspend), karena melebihi penggunaan sumber daya, ataupun anda melanggar ketentuan penggunaan mereka. So, mau pilih yang mana? Web Hosting Gratis Apa Berbayar? [...]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s